Musnahkan Barang Bukti Dikantor LAM,
Kapolda Riau Ajak Semua Pihak Berantas Narkoba
Penulis: Redaksi Yulianu | Rabu, 24 Juni 2020 | 02:43 WIB Dibaca: 15 kali

Doc: Foto Kapolda Riau Memusnahkan Barang Bukti Dikantor LAM Riau dengan Ajak Semua Pihak Berantas Narkoba

PEKANBATU,Ungkapriau.com- Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, SH, S.Ik, M.Si mengajak seluruh lapisan masyarakat dimanapun keberadaanya di wilayah Provinsi Riau untuk bersama-sama berantas Narkoba, Rabu (24/6/2020) 

 

Hal ini, diharapkan Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi, SH, S.Ik, M.Si saat acara pemusnahan Narkoba dari hasil penagkapan jajarannya sejak bulan Mei 2020.

 

Dijelaskan Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi dimana Letaknya geografis Provinsi Riau yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia serta Provinsi Aceh yang satu daratan dengan Riau merupakan salah satu ladang Ganja terbesar di Dunia telah menjadikan Riau sebagai pintu masuk untuk daerah tujuan penyebaran Narkoba dan juga daerah transit untuk menuju Provinsi-Provinsi lainnya yang ada di Indonesia.

 

Menurut dia (Kapolda Riau-red). "Pengungkapan sejumlah tindak pidana kejahatan umum di wilayah hukum Polda Riau sejak bulan Mei 2020, diketahui ada 291 orang yang positif mengkonsumsi Narkoba jenis Ekstasi dan jenis Shabu, hal ini dikatahui karena setiap pelaku Kriminal yang ditangkap dan dilakukan pemeriksaan urine, ternyata lebih dari 90% para pelaku kejahatan tersebut, positif mengandung amphetamin/mengkomsumsi narkoba," jelasnya. 

 

Disisi lain, kesadaran masyarakat yang peduli terhadap masalah Narkoba di Riau semakin meningkat, kepedulian tersebut di tunjukkan dengan cara memberikan informasi kepada pihak Kepolisian tentang adanya penyalahgunaan Narkoba di lingkungan tempat tinggal dan tempat kerja. 

 

"Iya benar, Alhasil berkat bantuan dan partisipasi masyarakat sehingga Direktorat Reserse Narkoba bersama jajarannya di satuan kewilayahan, berhasil mengungkap berbagai kasus besar pada beberapa waktu terahir ini," beber Kapolda Riau.

 

Mengenai pemusnahan barang bukti Narkoba yang digelar pada hari ini dan ada sejumlah Narkoba tangkapan dari Polda Riau yang akan di musnahkan dengan rinciannya yakni Narkotika Jenis Shabu seberat 35,46 Kg, Pil Ekstasi sebanyak 585 butir, Ekstasi berbentuk serbuk seberat 2385,5 Gram dan Ganja Kering sebanyak 87,6 Kg.

 

Dengan berhasilnya jajaran Polda Riau menangkap dan menyita Narkoba di atas, artinya Polri bisa menyelamatkan para pengguna Narkoba berkisar 271.000 orang.

 

Kepada puluhan awak media, Kapolda Riu Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi SH, SIK, MSI menyebut Pemusnahan barang bukti Narkoba ini dilaksanakan setelah beberapa penangkapan yang kita lakukan.

 

"Kita berharap pemusnahan ini agar diketahui seluruh masyarakat riau. Seluruh elemen harus bekerja sama untuk memusnahkan narkotika ini karena Narkoba ini sudah menajdi biang penyebab utama kejahatan," ungkapnya. 

 

Irjen Pol Agung Setia Imam Efendi menambahkan bahwa setiap dilakukannya tes urine kepada setiap pelaku kejahatan, 98% pelaku positif, menggunakan narkoba.

 

Penting hal ini di gelorakan agar pemberantasan narkoba merupakan tugas kita bersama. Maka dengan demikian mengajak lembaga LAM Riau bersama sama memberantas narkoba. Mari kita bekerja sama untuk memberantas narkoba untuk kemajuan riau. 

 

"Mari kita bergandeng tangan untuk memberantas narkoba," harap Kapolda Riau saat mengajak semua pihak memerangi Narkoba.

 

Dalam kesempatannya menghadiri pemusbahan Narkoba, Wakil Gubernur Riau Brigjen TNI Purn Edy Natar Nasution, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Polda Riau terkait hasil kerja kerasnya memberantas narkoba yang ada di Provinsi Riau

 

Wagubri Edy Natar Nasution mengakui Perkembangan narkoba tentunya mempritahitkan kita semua. Tentunya, penanggulangan bahayanya Narkoba di Riau kata Edy Natar, bukan hanya tanggung jawab polri saja, ini tanggung jawab seluruh elemen.

 

Lanjutnya, untuk mendukung Polda Riau dalam memberantas Narkoba dan Pemprov Riau juga melakuakan upaya dengan sudah 2000 pegawai kita lakukan cek urine. "Kita harapkan daerah Provinsi Riau kedepannya bersih dari narkoba," Harap Edy Natar mengakhiri.

 

Ketua MKA LAM Riau, Datuk H Al Azhar mengaku bangga dan menyambut baik terselenggaranya pemusnahan barang bukti Narkoba ini di halaman kantor LAM Riau.

 

"Kita semua ingin terlibat langsung dalam pemberantasan narkoba di bumi melayu ini, Kami berterimakaih kepada kapolda riau dan jajaran atas kerja keras nya memberantas narkoba yang ada di bumi melayu ini. Dengan pemusnahan ini semoga generasi bangsa terselamatkan dari bahanya narkoba," katanya singkat. 

 

Para TSK dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 112 ayat (2) UU RI NO 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan Ancaman Hukuman mati atau penjara paling singkat 5 (lima) tahun, paling lama 20 (dua puluh) tahun.

 

Jumlah TSK Narkoba sejak bulan Mei 2020 saja ada 291 org : Laki-laki 277orang dan Perempuan 14 orang. (Roni BT) 

*
[ Kembali ]
Berita Lainnya
Ditengah Pandemi Covid-19,
Koramil 01 Rumbai Gandeng Masyarakat Kelola Singkong Jadi Dodol
Bertahun-tahun Laporan Lembaganya Mengendap,
LSM-KPK Meminta Keterlibatan Kasmarni di Kasus Hutan Bengkallis Dibuka Kembali
Gegerkan Warga,
Pesawat Tempur Milik TNI-AU Meledak dan Menimpa Pemukiman Masyarakat Kubang Jaya
Gubernur LIRA Riau:
Herman Fadly Mengjarapkan Loyalitas, Militansi & Kekompakan Memajukan LSM-LIRA RIAU
Buntut Pengusiran Wartawan,
Ajudan Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru di Polisikan
20:58 Ketua ICMI, Eric Suhenra Pertanyakan Kehadiran Adi Sukemi-M.Rais Setiap Penyerahan BLT-DD
04:55 Adi Sukemi ST,MM: Baca Dulu Fungsi Anggota Dewan Baru Bertanya
19:11 Eric Suhenra,S.I.Kom Pertanyakan Kinerja Anggota DPRD Riau Asal Dapil Siak-Pelalawan
15:39 H.Syafrizal,SE: Ada Politik Terselubung Pilkada Desember 2020
20:12 Pranseda S,SH: Pemangkasan Dana Publikasi di Dewan Mengundang Kekecewaan Media
01:45 H.Anton S. S.Ud: Jangan Jadikan Momen Penyerahan BLT-DD Covid-19 Alat Pilkada 2020
18:50 Samsul Bahri Sayangkan Pemangkasan Dana Media di Dewan
22:43 Adi Sukemi, ST,MM: Pemangkasan Dana Publikasi Media Instruksi Pemerintah Pusat
21:57 Hardian Syahputra ST,MT: 15 Paket Pekerjaan Fisik T.A 2020 Sudah Selesai di Uplod di ULP
22:11 Ishar D Meminta Boikot Pemberitaan Kegiatan Seremonial Dewan
06:44 DPP MOI Yakini 210 Wartawan Siap Mengikuti Program UKW
20:06 AKBP Indra Wijatmiko Janjikan Umroh Gratis Untuk Penangkap Narkoba 2 Kg
22:26 Nophy T Suoth,SH,MH: Perkara Karhutla PT Adei Platations And Industry Memasuki Tahap II
02:37 AKBP Indra Wijatmiko,SH,SIK Irup Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Pelalawan
04:04 LSM-KPK Meminta Keterlibatan Kasmarni di Kasus Hutan Bengkallis Dibuka Kembali
05:46 SYAMSIR Sosialisasikan Pencegah Covid-19 Melalui Lagu Ciptaanya Judul: Ayo Pakai Masker
20:23 Pesawat Tempur Milik TNI-AU Meledak dan Menimpa Pemukiman Masyarakat Kubang Jaya
20:28 Polsek Pkl Kuras Berhasil Tangkap 2 Pelaku Curanmor
19:31 AKP M.Faizal Ramzani Torehkan Prestasi dan Apresiasi Penangkapan Narkotika di Wilkumnya
03:26 Kapolres AKBP Indra Wijatmiko,SH,S.Ik Salurkan bantuan Sembako Beras Sebanyak 11 Ton
Home | Politik | Ekonomi | Olahraga | Pendidikan | Budaya | Hukum | Hiburan | Nasional | Internasional | Galeri Foto | Tokoh | Opini | Pekanbaru | Pelalawan | Dumai | Bengkalis | Siak | Kampar | Inhu | inhil | Kuansing | Rohul | Rohil | Meranti | Surat Pembaca | Redaksi