Perkuat Ketahanan Pangan Daerah,
Bupati H.Suyatno,AMp Contohkan Semangat Tanam Padi Bersama Dandim 0321 Rohil
Penulis: Redaksi Yulianu | Selasa, 16 Juni 2020 | 06:49 WIB Dibaca: 23 kali

Doc : Foto Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno, A.Mp saat melakukan penanam padi perdana bersama Dandim 0321 Rohil di lahan persawahan seluas 73 Ha

ROHIL, Ungkapriau.com- Program Pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hilir tentang pencanangan ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19, lakukan penanaman perdana di lahan persawahan seluas 73 Hektare di daerah Rokan Baru Pesisir,  Kabupaten Rokal Hilir, Provinsi Riau.

 

Penanaman Padi perdana ini, dilakukan Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno A.Mp bersama Dandim 0321 Rohil dan masyarakat pada 8 Juni 2020 lalu, di penghuluan Rokan Baru Pesisir, Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir. 

 

Demikian program pencanangan ketahanan pangan ini disampaikan Bupati Rokan Hilir, H.Suyatno A.Mp, kepada media ini di Rokan Hilir,  Selasa (16/6/2020).

 

Dikatakan Bupati H.Suyatno A.Mp, di daerah penguhuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan ada hamparan lahan persawahan masyarakat seluas 73 H yang akan dijadikan sebagai hasil lumbung padi. Lahan itu, sudah dilakukan penan perdana sebagai lahan ketahanan pangan daerah Kabupaten Rohil. 

 

"Benar, kita (Bupati Rohil-red) bersama-sama yang lainnya terjun langsung ke lahan sawah untuk menanam padi dengan Dandim 0321/Rohil, anggota DPRD Rohil Krismanto, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP Rohil) HM Rusli Syarief, Camat Pekaitan Taryono, Danramil, Babinsa, Bhakamtibmas, dan masyarakat," jelasnya. 

 

Perlu juga diketahui bahwa ini merupakan kali pertama saya menanam padi. "Iya betul, selama ini saya tahu makan nasi dari beras saja. Sementara itu, masalah proses tanam menanamnya, di akui oleh Bupati yang dikenal bersahaja itu, baru merasakan apa yang selama ini dirasakan oleh petani," katanya. 

 

Orang No. 1 Rokan Hilir ini juga merasa kasihan dengan masyarakat petani di daerahnya. Sebab sebelum dirinya mencoba melakukan penanaman padi perdana tersebut dan belum teradopsi kepadanya bagaimana proses penanaman bibit padi hingga menghasilkan beras dan dimasak menjadi nasi.

 

Selain Bupati ini mengetahui apa yang dirasakan masyarakat petani dan juga merasa senang dengan kerja keras TNI, Dandim 0321 Rohil beserta jajarannya, terlebih masyarakat yang telah membuka lahan di daerahnya untuk menjadikan Rokan Hilir lumbung padi yang berhasil kedepan.

 

Memang target kita mencapai 150-Ha. Namun untuk tahap ini kata Bupati Suyatno, baru 73 Hektare, "Saya pesankan petani dan Dinas Pertanian Rohil agar melangkah lebih kedepan demi menjadikan Rohil sebagai capaian swasembada pangan,” pintanya.

 

Ini harus dibumingkan. Apalagi potensi pertanian seperti di Kecamatan Pekaitan ini, sangat menjanjikan dan ditambah dengan antusias masyarakat yang sangat luar biasa. Tentunya, hal itu. Pemerintah daerah jangan sampai tinggal diam dan harus merespon semangat masyarakat bertani ini. 

 

Kader baik PDIP ini, berjanji akan datang lagi di persawahan 73 Ha tersebut saat Panen raya. Sebab usia padi yang ia tanam itu hanya berumur tiga bulan dan sudah panen, "Insyah Allah ya, saya datang lagi ditempat itu jika umur panjang dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT," katanya berjanji. 

 

Selain Bupati Rohil ini berjanji datang saat Panen Padi itu dan bahkan dirinya akan bantu petani mesin perontok padi untuk daerah Rokan Baru Pesisir itu. "Saya berharap agar para petani di bawah binaan Dandim 0321 Rohil, PPL, DKPP, Babinsa dan lainnya untuk terus melakukan koordinasi yang baik dengan dinas terkait agar potensi-potensi lahan yang ada dapat digarap untuk kesejahteraan masyarakat. Maka hal sedemikian mata pemerintah harus melek melihat potensi daerah kita yang luar biasa ini,” harapnya.

 

Ia mengatakan, kendatipun asal para petani ini kebanyakan masyarakat luar Rokan Hilir. Namun hal itu tidak menjadi persoalan baginya asalkan saling menghargai satu dengan yang lain dan memiliki KTP Rohil. 

 

"Betul, para petani ini, rata-ratanya masyarakat asal Sumatra Utara (Sumut). Hal itu tidak masalah karena yang penting telah tinggal dan beridentitas penduduk Rokan Hilir. Kita tidak mempersoalakan Suku, Agama. Pintu terbuka bagi siapa saja asalkan sopan serta santun dan saling menghargai, tidak menciptakan suasana yang tidak kondusif," tukasnya. 

 

Bupati H.Suyatno juga meminta seluruh lahan yang terhampar kosong didaerahnya untuk segera digarap dan wilayah Kecamatan yang memiliki potensi tani dapat dimanfaatkan seperti di Kecamatan Sinaboi, Kecamatan Kubu, Kecamatan Kuba, Kecamatan Rimba Melintang, Kecamatan Simpang Kanan, dan Kecamatan Bagansinembah. 

 

"Jika lahan-lahan itu digarap dan dipastikan membantu realisasi program pemerintah dalam menjehtrakan masyarakat disektor pertanian. Untuk itu juga, katan Bupati ini, pemangku- pemangku jabatan dirohil agar memanfaatkan lahan yang ada sebelum menyusul adanya program Bhabinkamtibmas masuk sawah yang sudah dicanangkan Kapolda Riau," terangnya.

 

Menurutnya, program sedemikian sudah dilaksanakan TNI/ Babinsa. Artinya kebersamaan itu penting dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan kita. Untuk daerah Rokan Hilir jika dapat memanfaatkan lahan telantar digarap dan diolah maka nanti akan menjadi sentral pertanian. Ini merupakan rahmat dari Allah SWT, Rokan Hilir memiliki potensi lahan yang luar biasa,” pungkasnya. (ADV/Redaksi)

*
[ Kembali ]
Berita Lainnya
Bupati Rokan Hilir,
H.Suyatno Serahkan Bantuan Sembako Dari YMMTI Ke Tukang Becak
Hasil Perjuangan Bupati Rohil
H.Suyatno A.Mp: Kemen PUPR RI Kabulkan Usulan Pembangunan Jalan Lintas Ujung Tanjung Bagansiapiapi 2020
Bupati Rokan Hilir
H.Suyatno,A.Mp Hadiri Pisah sambut Pejabat Setda Rohil
Bupati Rohil
H.Suyatno Berjanji Akan Bangun Seluruh Ruas Jalan Berkondisi Rusak 2020-2021
Gelar Halal Bi Halal
Polsek Ujung Batu Santuni Anak Yatim Bersama Tokoh Masyarakat
20:58 Ketua ICMI, Eric Suhenra Pertanyakan Kehadiran Adi Sukemi-M.Rais Setiap Penyerahan BLT-DD
04:55 Adi Sukemi ST,MM: Baca Dulu Fungsi Anggota Dewan Baru Bertanya
19:11 Eric Suhenra,S.I.Kom Pertanyakan Kinerja Anggota DPRD Riau Asal Dapil Siak-Pelalawan
15:39 H.Syafrizal,SE: Ada Politik Terselubung Pilkada Desember 2020
20:12 Pranseda S,SH: Pemangkasan Dana Publikasi di Dewan Mengundang Kekecewaan Media
01:45 H.Anton S. S.Ud: Jangan Jadikan Momen Penyerahan BLT-DD Covid-19 Alat Pilkada 2020
18:50 Samsul Bahri Sayangkan Pemangkasan Dana Media di Dewan
22:43 Adi Sukemi, ST,MM: Pemangkasan Dana Publikasi Media Instruksi Pemerintah Pusat
21:57 Hardian Syahputra ST,MT: 15 Paket Pekerjaan Fisik T.A 2020 Sudah Selesai di Uplod di ULP
22:11 Ishar D Meminta Boikot Pemberitaan Kegiatan Seremonial Dewan
06:44 DPP MOI Yakini 210 Wartawan Siap Mengikuti Program UKW
20:06 AKBP Indra Wijatmiko Janjikan Umroh Gratis Untuk Penangkap Narkoba 2 Kg
22:26 Nophy T Suoth,SH,MH: Perkara Karhutla PT Adei Platations And Industry Memasuki Tahap II
02:37 AKBP Indra Wijatmiko,SH,SIK Irup Upacara Kenaikan Pangkat Personil Polres Pelalawan
04:04 LSM-KPK Meminta Keterlibatan Kasmarni di Kasus Hutan Bengkallis Dibuka Kembali
05:46 SYAMSIR Sosialisasikan Pencegah Covid-19 Melalui Lagu Ciptaanya Judul: Ayo Pakai Masker
20:23 Pesawat Tempur Milik TNI-AU Meledak dan Menimpa Pemukiman Masyarakat Kubang Jaya
20:28 Polsek Pkl Kuras Berhasil Tangkap 2 Pelaku Curanmor
19:31 AKP M.Faizal Ramzani Torehkan Prestasi dan Apresiasi Penangkapan Narkotika di Wilkumnya
03:26 Kapolres AKBP Indra Wijatmiko,SH,S.Ik Salurkan bantuan Sembako Beras Sebanyak 11 Ton
Home | Politik | Ekonomi | Olahraga | Pendidikan | Budaya | Hukum | Hiburan | Nasional | Internasional | Galeri Foto | Tokoh | Opini | Pekanbaru | Pelalawan | Dumai | Bengkalis | Siak | Kampar | Inhu | inhil | Kuansing | Rohul | Rohil | Meranti | Surat Pembaca | Redaksi