Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Solusi Untuk Nelayan dan Targetkan Wisata Baru
Pemdakab Pelalawan Akan Normalisasi Sungai Kerumutan

Redaksi urc
Kamis, 22 Jul 2021 01:37 WIB | dilihat: 29275 kali

PELALAWAN, Ungkapriau.com- Semenjak sah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan pada 26 April lalu, H.Zukri Misran,SE dan H.Nasaruddin,SH terus melakukan pergerakan untuk pembenahan Kabupaten Pelalawan.

Tidak tanggung-tanggung, bahkan mereka terlihat jarang ada di kantor karena lebih menyibukkan diri untuk turun langsung ke Desa-desa dalam meninjau kondisi di plosok daerah.

Misalnya saja pada Senin, 10 Juli lalu, Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan H.Nasaruddin,SH berkunjung ke Kecamatan Kerumutan untuk meninjau kondisi Sungai Kerumutan.

Kunjungan tersebut bukan hanya semata-mata untuk melihat-lihat keadaan sungai, melainkan guna untuk melakukan normalisasi pada Sungai Kerumutan. 

Tindakan ini dilakukan karena Sungai Kerumutan sebagian besarnya telah tertutup oleh Gulma atau tumbuhan yang sering juga disebut Kumpai di daerah itu.

Akibat dari banyaknya Gulma yang menutupi sebagian besar sisi sungai, para nelayan menjadi kesulitan melewati sungai untuk mencari ikan.

Hal itu juga berakibat buruk pada perkembangan perekonomian warga setempat karena sebagian besar bekerja dan mencari makan sebagai nelayan.

Untuk mengatasi masalah yang menjadi kendala utama nelayan setempat dalam mencari nafkah itu, oleh karenanya Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan akan memberikan solusi dengan melakukan normalisasi sungai.

Ketika media ini lakukan konfirmasi kepada H.Nasaruddin,SH, ia mengaku bahwa peninjauan itu bertujuan untuk melakukan normalisasi pada Sungai Kerumutan.

Ia juga menjelaskan bahwa yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten Pelalawan bukan hanya normalisasi sungai, namun akan dilakukan juga pembukaan jalan dengan luas 50 yang nantinya akan tembus ke Kecmatan Teluk Meranti.

"Kita akan lakukan normalisasi pada Sungai Kerumutan. Selain itu juga akan membuka jalan kembali dengan luas 50 meter, kita tembuskan ke Kecamatan Teluk Meranti," ucap Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (22/07/2021).

Menariknya, ternyata upaya yang dilakukan Pemdakab Pelalawan bukan hanya untuk mempermudah nelayan dan permudah akses jalan, akan tetapi juga menargetkan menjadi tempat destinasi wisata baru kedepannya.

"Selain memudahkan nelayan mencari ikan, juga menjadi sarana pariwisata Kabupaten Pelalawan kedepannya," sebut Nasaruddin.

Wabup Nasaruddin juga membeberkan bahwa dalam hal itu, pemerintah tidak hanya bekerja sendiri. Pemerintah akan meminta keterlibatan pihak perusahaan yang ada di Kecamatan Kerumutan.

"Kita akan minta perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kecamatan Kerumutan untuk kerjasama melalui program CSR mereka," ujarnya.

Terlepas dari itu semua, upaya yang dilakukan Pemdakab Pelalawan dibawah kepemimpinan Zukri-Nasaruddin dalam normalisasi tersebut, yaitu agar tidak ada lagi pembalakan liar diwilayah tersebut.

"Agar nanti setelah jalan sungai ini di normalisasi, tidak ada lagi pembalakan liar. Jika masih terdapat pembalakan liar, akan kami tindak tegas," pungkas sang Wabup.

Sementara ditempat terpisah, Bupati Kabupaten Pelalawan H.Zukri Misran,SE menegaskan bahwa dimasa kepemimpinannya bersama Nasaruddin, mereka terus melakukan pembenahan untuk pembangunan Kabupaten Pelalawan.

Oleh karenanya mereka pun berbagi tugas dan terus gencar turun kelapangan tanpa banyak menghabiskan waktu di kantor.

"Kita terus turun dan memantau kondisi lapangan di Desa-desa. Saya dan pak Nasaruddin berbagi tugas agar bisa meninjau lokasi yang berbeda juga," terang Zukri saat ditemui media ini diruang kerjanya.

Zukri dan Nasaruddin saat turun tidak hanya memantau dan melihat kondisi di pelosok daerah, namun mereka juga kerap menerima pengaduan atau aspirasi dari masyarakat.

"Jika ada pengaduan dari masyarakat, ya pastinya kita dengar dan terima. Kita juga akan carikan solusi secepatnya bagi masalah-masalah yang disampaikan masyarakat," pungkas Zukri. (Advertorial)



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2013 PT. Ungkap Riau Media
All right reserved