Redaksi | Pedoman Media Siber | Disclamair | Kontak
Hasil Konfercab PWI Pelalawan Ke-VI Tahun 2020
Zulhamsyah,S.Sos Ungguli 3 Suara Erick Suhendra, S.I.Kom Dari 31 Jumlah Pemilih

Redaksi UR Yulianus
Kamis, 26 Nop 2020 11:55 WIB | dilihat: 2252 kali

PELALAWAN UNGKAPRIAU.COM- Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Pelalawan, berhasil menyelenggarakan suksesi Konferensi (Konfercab) PWI Ke-VI dengan prokes Covid-19 di Gedung Daerah Laksamana Mangku Diraja Kec. Pkl Kerinci, Kamis (26/11/2020).

Acara Konfercab PWI KE-VI Pelalawan ini, dibuka oleh Bupati Pelalawan H.M.Harris secara resmi dan dihadiri Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK, Ketua PN Pelalawan Bambang Setyawan, SH.MH, Hary Budiarto Koriun mewakili H Zulmansyah Sukedang (Ketua PWI Riau), Sekretaris Umum PWI Riau Amril Jambag, Bidang Seksi Organisasi PWI Riau, Bambang Irawan Syahputra, Kejari Pelalawan diwakili Kasi Intel Sumriadi, SH.MH, Wakil Ketua DPRD Pelalawan H. Syafrizal SE, Sekda T Mukhlis M.Si, Kepala BNNK, Ketua KPU Pelalawan, Bawaslu, OPD, Ketua MUI, PWI Provinsi Riau anggota PWI Pelalawan, Perwakilan Perusahaan dan lainnya.

Bupati H.M.Harris dalam sambutannya, mengharapkan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pelalawan dapat berkontribusi terhadap pembangunan di daerah, melalui penyebaran informasi yang berimbang dan layak dikonsumsi masyarakat.

Bupati dua periode pelalawan ini, mengungkapkan rasa bangganya kepada wartawan pelalawan yang menyebut bahwa tanpa adanya hubungan baik bersama insan pers, dipastikan masyarakat tidak akan tahu pencapaian pembangunan yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Artinya, kehadiran pers diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam menjaga dan mewujudkan kamtibmas yang kondusif.

Bupati H.M.Harris mengakui kemajuan pembangunan daerah Kabupaten Pelalawan dan tidak terlepas dari peran para awak media. "Jadi, pers telah sangat berjasa dalam membantu Pemkab Pelalawan dalam menjalankan roda pemerintahan. Siapapun Ketua PWI terpilih nantinya, dapat terus bersinergi dengan Pemerintah dalam mewujudkan pelalawan lebih baik lagi kedepannya," harapnya.

Edward P M.Si dalam Laporannya selaku Ketua Panitia Pelaksana Konfercab PWI Ke VI Kabupaten Pelalawan menyampaikan dasar Konferensi PWI Kabupaten Pelalawan sebagai kewajiban konstitusional organisasi sebagaimana diatur didalam peraturan dasar dan peranturan rumah tangga PWI pelalawan Masa Bakti 2020-2023.

Terselenggaranya acara Konfercab PWI Ke-VI ini, tidak terlepas dari saran dan petunjuk pengurus PWI Riau, dimana pengurus dan anggota PWI Pelalawan bekerja keras dan didukung para mitra PWI dan masyarakat kabupaten Pelalawan.

"Atas nama Panitia Pelaksana Konfercab PWI Pelalawan Ke-VI menyampaikan terimakasih atas segala dukungan Pemda, serta para mitra PWI lainnya," jelas Edward P M.Si seraya menjelaskan Tema Konferensi PWI Pelalawan yakni "Dengan Semangat Konferensi Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Soliditas PWI Pelalawan" dengan mendukung penerapan protokol kesehatan COVID-19. 

Sementara itu, Ketua PWI Riau diwakili Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Riau Hari Budiarto Koriun menyebut Persatuan Wartawan Indonesia merupakan organisasi pers terlama di Indonesia yang kini memiliki jumlah anggota di se Provinsi Riau sebanyak kurang lebih 1800 orang dan yang sudah memperoleh sertifikat uji kompetensi wartawan (UKW) sebanyak 1150 orang.

Menurutnya, "Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sangat penting bagi kawan-kawan insan pers di Persatuan Wartawan Indonesia. Maka dari itu, Wartawan harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik dalam setiap langkah, sebab wartawan merupakan fasilitator penyebarluasan informasi yang terpercaya secara detail dan keakuratan berita yang disampaikan ke publik demi menjaga nama baik organisasi PWI dan profesionalisme nya sendiri," ujarnya.

Ketua PWI Pelalawan Asnol Mubarak M.Si menyebut PWI merupakan sebuah organisasi wartawan yang tertua di Indonesia salah satunya di Kabupaten Pelalawan dan organisasi jurnalistik diakui Dewan Pers. Jumlah anggota PWI di Negeri Amanah ini sudah sebanyak 44 orang dan anggota yang sudah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) sebanyak kurang lebih 32 orang.

"Saya berharap di bawah kepemimpinan yang baru ini nantinya, organisasi PWI akan membawa dampak kebaikan bagi anggota dan seluruh warga masyarakat Kabupaten Pelalawan," harap Asnol.

Selain itu juga, Ketua PWI Pelalawan Demisioner ini, mengajak seluruh pelaku jurnalistik di bawah PWI maupun organisasi lainnya agar salang menjaga kebersamaan dan tetap menjunjung tinggi kode etik dan AD/PRT organisasi dalam melaksanakan tugas-tugas kewartawanan yang mulia itu. "Melalaui Konferensi ini, rekan-rekan yang berprofesi Jurnalistik dapat meningkatkan profesionalitas dan solidaritas antar wartawan demi kepentingan organisasi," tutupnya.

Rangkaian acara Confercab PWI ini, dimulai dari menyanyikan lagu indonesia raya beserta penyampaian Laporan OC sekaligus sambutan Pengurus PWI Pelalawan yang dilanjutkan dengan kata sambutan Pengurus PWI Provinsi Riau. 

Konfercab PWI Pelalawan KE-VI ini, dilaksanakan sesuai tatib mulai dari Pleno I,II, III, IV yang dimulai dari pembahasan pengesahan agemda acara dan tata tertib Konfercab hingga pemilihan Presidium Sidang, Laporan Pertanggungjawaban pengurus PWI pelalawan Masa Bakti 2017-2020 dan penandatanganan Pandangan Umum, Tanggapan, Saran Peserta terhadap LPJ Pengurus PWI masa Bakti 2017-2020.

Kemudian dilanjutkan dengan Pleno IV untuk penjaringan Bakal Calon Ketua PWI pelalawan Masa Bakti 2020-2023 sekaligus penyampaian Visi Misi untuk dilanjutkan pemilihan ketua PWI Pelalawan Masa Bakti 2020-2023.

Kerangka acuan dan tujuan Konferensi PWI kabupaten Pelalawan dengan sasaran yakni mengembangkan fungsi dan peranan organisasi sebagaimana diamanatkan dalam peraturan dasar dan peraturan rumah tangga PWI yang merumuskan program dan langkah organisasi untuk menetapkan profesi kewartawanan Anggota PWI Provinsi Riau di wilayah Kabupaten Pelalawan. 

Hasil Konfercab setelah laporan pertanggungjawaban adalah pemilihan ketua dan Zulhamsyah, S.Sos yang sebelumnya menjabat Sekretaris PWI Pelalawan menang tipis dari Erick Suhendra, S.I.Kom dengan 3 suara dari jumlah pemilih 31 Hak suara. 

Zulhamsyah, S.Sos memperoleh 17 suara dan Erick Suhendra, S.I.Kom, memperoleh 14 suara hingga Zulhamsayah terpilih secara demokratis dan menjadi Ketua PWI pelalawan masa bakti 2020-2023. Harapan pengurus dan anggota PWI Pelalawan kiranya pemimpin yang baru, organisasi semakin meningkatkan kwalitas dan kemajuan.***



Rekomendasi untuk Anda


Connect With Us





Copyright © 2013 PT. Ungkap Riau Media
All right reserved